KOMPONEN PESAWAT UDARA

Selasa, 04 November 2014

SAYAP DELTA

SAYAP DELTA PADA PESAWAT TERBANG

Sayap delta adalah penampang datar sayap berbentuk segitiga. Dinamakan sedemikian karena kesamaannya dengan huruf kapital delta (Δ).

 

Sejarah

Di antara tahun 1529 dan 1556 Conrad Haas menulis buku yang di dalamnya dia menjelaskan teknologi roket, melibatkan paduan teknologi kembang api dan senjata api. Manuskrip ini ditemukan pada tahun 1961, di dalam catatan umum Sibiu (catatan umum Sibiu Varia II 374). Karyanya berkenaan dengan teori pergerakan roket multi-tahap, campuran bahan bakar yang berbeda-beda menggunakan bahan bakar cair, dan juga memperkenalkan sayap berbentuk delta.
Konsep sayap dan penamaan sedemikian dianjurkan pada abad ke-17 oleh seorang insinyur militer Polandia-Lituania, Kazimierz Siemienowicz.
Penggunaan konsep ini juga digunakan dalam konsep yang disebut "delta tanpa-ekor", yaitu tanpa sayap ekor horizontal, dirintis terkhusus oleh Alexander Lippisch di Jerman menjelang Perang Dunia II, meski tidak ada satupun dari desainnya digunakan. Selama perang, Lippisch, Frenchman Payen, dan DFS (Lembaga Penerbangan Jerman) mengkaji sejumlah pesawat pencegat bersayap delta berdaya ramjet (kadang-kadang disebut berbahan bakar batu bara), satu kemajuan yang setara dengan purwarupa glider.
Setelah perang, Lippisch dibawa ke Amerika Serikat, di mana dia bekerja di perusahaan Convair di Kalifornia. Beberapa insinyur Convair terbaik menjadi tertarik dengan desain pesawat pencegatnya, dan mereka mulai bekerja pada sebuah versi uji yang lebih besar yang disebut sebagai Convair XF-92. Pesawat tempur F-92 sebenarnya tidaklah pernah diperlukan, dan rancangannya terlalu prematur, sehingga tidak pernah memasuki tahap produksi. Test-bed terbang purwarupa mengalami uji terbang yang sering, dan desain ini mambangkitkan minat yang besar dari berbagai pabrik pesawat terbang di beberapa negara. Tidak lama dari itu, ada banyak desain pesawat, khususnya jenis pencegat, dirancang dengan memanfaakan sayap delta. Delta tanpa ekor menjadi desain yang berguna untuk penggunaan kecepatan-tinggi, dan digunakan di hampir semua pesawat selain rancangan Convair dan Dassault Aviation di Perancis.

mungkin itu sedikit informasi mengenai pesawat bersayap DELTA, jika ada kekurangan tolong komentar di bawah ya,.. thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar